MEMULAI BUSINES ONLINE.. What We Can Do and Why we Do??

Ada beberapa perbedaan antara situs website yang dibuat untuk perusahaan besar dengan website untuk usaha kecil. Adalah penting mengetahui perbedaan ketika ingin mendesain website untuk keduanya. Terutama untuk bisnis yang baru dibangun, sebuah website dapat membuat dampak besar dan apakah bisnis tersebut nantinya akan berkembang atau tidak.

Jika anda baru memulai bisnis baru, ini adalah sebuah peringatan; Jangan bertindak seperti big boys. Hindari membuat slogan seperti: “Didirikan keluarga sejak 1970” atau “Pelayanan pelanggan adalah jaminan kami” atau slogan lain yang sifatnya “banyak ngomong” Microsoft, Apple, Gap dan Pepsi bisa berjalan dengan sebuah website cantik yang mengeluarkan segala macam jargon perusahaan. Dan usaha kecil tidak harus melakukan itu.

Mengapa?

Perusahaan besar sudah memiliki brand yang mapan. Mereka memakai setelan perusahaan dan mengendarai Mercedes Benz. Dan mereka juga makan di restoran berkelas. Anda tidak memiliki cara untuk bersaing dengan mereka. Sebagai bisnis baru, anda bisa mendapat daging sapi dengan memiliki website anda sendiri, yaitu visitor berupa pelanggan potensial. Ambil mereka dengan menggunakan headline berupa copy marketing yang efektif. Ini adalah upaya untuk membuat brand, karena mungkin mereka belum mendengar tentang usaha anda.

Setiap bisnis harus selalu membuktikan dengan pasti bahwa ia dapat memberikan nilai terbaik melebihi para pesaingnya. Ingatlah selalu bahwa website anda hanya memiliki waktu sekitar 8 detik ketika seseorang mengunjungi halaman penjualan anda untuk menekan tombol close atau undo. Seringkali, bukan karena desain, namun salinan dari penjualan itu sendiri yang menyebabkan mereka betah atau tidak berada di sebuah website.

Perbedaan utama di sini adalah copy writer. Sebuah website usaha kecil memerlukan konten yang bagus untuk mendukung tawaran penjualanya. Dibutuhkan konten yang membawa hasil, menghasilkan penjualan dan mengubah pengunjung menjadi klien. Website anda tidak perlu menonjolkan sampah yang tidak berguna yang hanya untuk mendapatkan penghargaan desain terbaik. Tetapkan tujuan anda untuk memenagkan pelanggan, bukan penghargaan. Lupakan animasi dan musik. Gunakan konten dan gambar untuk mendukung bisnis anda, yang dibutuhkan website anda adalah “tidak berlemak”, yang artinya adalah mesin konversi.

Pengunjung tidak akan menyadari adanya gambar-gambar hingga mereka menyerap salinan penjualan anda. anda tidak dapat mengabaikan fakta bahwa mereka hanya merekam informasi yang akan membantu permintaan mereka. Mereka ingin tahu siapa anda, apa yang dapat anda tawarkan, dan bagaimana tawaran anda dapat membantu mereka.

Begitulah seharusnya membuat website untuk usaha kecil. Sebuah usaha kecil tidak seharusnya berpura-pura menjadi raksasa di bidangnya, tetapi harus benar-benar menyusun kompetisi. Saat ini sebuah bisnis dengan menggunakan situs website sudah menjadi bisnis keren, namun memiliki salah satunya berarti anda sudah memenangkan setengah perjuangan. Pertarungan sesungguhnya terletak pada bagaimana website anda dapat mencerminkan visi dan misi bisnis anda, dan bagaimana anda dapat mengkonversi klik menjadi penjualan.

Luangkan waktu untuk mengevaluasi ulang keefektifan website anda, lakukan beberapa perubahan yang diperlukan untuk menyihir efek dramatis terhadap konversi penjualan.

KENAPA MEMULAI BISNIS ONLINE ??

Dimana ada masalah disitu ada peluang. Memang benar, tergantung dari kita menyikapinya. Nah saat ini, ada masalah baru dan peluang baru. Jika kita ingin buka usaha di dunia offline kita harus punya tempat/ruko/kantor untuk menjalankan usaha kita sehari-hari. Harga sewa tempat usaha semakin hari semakin naik, apalagi di Jakarta.

  • di Mall Lt. dasar Depan Carefour, 2m x 2m  harga sewa Rp. 50.000.000,- per bulan, kalau agak jauh dari Carefour, 2m x 2m harga sewa Rp. 14.000.000,- per bulan. di Mall Lt. 2 keatas (lumayan sepi pengunjung), 2m x 2m harga sewa 6 Juta per bulan. Jika di Mall yang sepi banget, 2m x 2m harga sewa Rp. 2.000.000,- per bulan.
  • Ruko/Rukan/Perkantoran | 3 Lantai, daerah ramai sekali, harga sewa: 200.000.000,- per tahun, kalau tempatnya agak ramai, harga sewa Rp. 100.000.000,- per tahun. Jika 1 Lantai, agak ramai, harga sewa Rp. 40.000.000,- per tahun. Kalau sepi, 1 Lantai, harga sewa Rp. 20.000.000,- pertahun.

Harga tersebut diatas belum termasuk bayar listrik, PAM, bayar karyawan, renovasi dispaly toko atau kantor, bayar kebersihan, keamanan, bayar preman dsb.

Dengan ada masalah itu, ada peluang baru yaitu: Mendirikan usaha/jualan/bisnis di Internet dengan tempat di rumah masing-masing atau di tempat kos kosan masing-masing dan ini tidak memerlukan biaya yang tinggi.

Toko Online, Bisnis Online, Kantor Online, Usaha Online, atau apapun bentuknya yang penting buka usaha di dunia Internet itu hanya membutuhkan biaya-biaya yang sangat kecil, yaitu:

  • Sewa Domain+Hosting | Hanya Rp. 125.000,- per tahun bukan per bulan.
  • Tempat | tidak perlu sewa lagi, pakai saja tempat kos anda atau rumah anda.
  • Karyawan | belum perlu, mulailah dari sendiri, jika Income sudah naik baru cari karyawan.
  • Listrik | tidak terlalu tinggi, karena bisa pakai laptop
  • Bayar Preman atau Pungli | Tidak ada, karena bisnisnya tidak terlalu mencolok ke tetangga.
  • Website Bisa membuat sendiri, Cepat, Mudah dan Profesional hanya 15 menit saja sudah jadi.

APA VISI DAN MISI USAHA ONLINE ?

Apa yang dibutuhkan dalam memulai suatu blog bisnis? Laptop? Modem koneksi internet? Keahlian menulis? Ongkos yang cukup untuk bolak-balik ke warnet? Hosting? Atau apa? Dalam memulai ada baiknya anda mengetahui apa prinsip-prinsip yang harus anda miliki dalam membangun sebuah bisnis online. Posting kali ini saya akan membahas mengenai visi dan misi.

Tanpa sebuah visi, blog bisnis anda kemungkinan tidak akan sukses
Dalam membangun visi, belajarlah untuk berfikir dari belakang. Jangan memulai dari apa yang harus anda miliki untuk membangun bisnis internet, tapi milikilah harapan. Karena harapanlah yang membuat anda tetap hidup dan berjuang. Dari sekian tahap perjalanan yang akan anda hadapi, milikilah gambaran tentang akan menjadi seperti apa blog bisnis saya pada akhirnya?.

Apakah teman-teman pernah main puzzle? Kalau teman-teman pernah main puzzle pasti mengetahuinya apakah visi dari permainan puzzle tersebut. Setiap kepingan puzzle diibaratkan sama saja dengan setiap postingan anda, dalam permainan puzzle anda merangkai gambar demi gambar agar gambar tersebut lengkap kembali. Sama halnya dengan blog bisnis anda, ada membuat postingan tentang apa itu bisnis online dan bagaiman cara menjalankannya. Bayangkan oleh anda bahwa setiap postingan yang telah ada buat adalah kepingan puzzle yang akan melengkapi kesuksesan blog bisnis anda. Dan suatu saat nanti mungkin saja anda tidak lagi menjadi publisher advertising, tapi memiliki bisnis sendiri, siapa tahu?.

Setiap pebisnis online yang sukses pasti memiliki visi. Hanya saja dalam prakteknya banyak sekali hambatan, belokan, jalan berlubang, laut menghadang, dan masih banyak sekali halangannya. Lalu kemudian cobalah anda mencari jalan alternative untuk menyelesaikannya dengan memegang teguh visi yang telah anda buat.

Setelah anda memiliki visi dalam bisnis anda, anda harus juga memiliki misi dalam hal bisnis yang ingin anda jalanin. Tentukan misi bisnis anda, beritahu pada pelangga anda tentang misi bisnis yang anda jalani. Tapi ada satu hal yang perlu anda ingat jangan lakukan spam, walaupun anda melakukan spam hanya satu kali tapi akibat yang anda terima adalah blog dan bisnis anda akan hancur dan sia-sia semua usaha yang telah anda bangun dan para pengunjung pun akan meninggalkan anda sambil meninggalkan pesan diblog anda dengan mengatakan anda adalah seorang penipu ulung.
Jelaskan secara detail dan ringkas misi bisnis anda, contohnya seperti berikut

-Mari belajar internet marketing .
-Bagaimana caranya mendapatkan uang diinternet
Dan jangan sesekali menjanjikan cepat kaya, sekarang coba teman-teman bayangkan dan pikirkan secara logika apakah mungkin bisa cepat kaya? Kalau mungkin bisa cepat kaya alangkah bagusnya semua orang di Indonesia bisa menjadi kaya. Dan pemeritah tidak lagi susah mensubsidikan lagi bahan-bahan sandang dan pangan. Saya adalah orang yang pertama merasa sangat gembira apabila semua rakyat Indonesia menjadi orang kaya semua.

MEMULAI BISNIS … LETS START !! APA YANG DILAKUKAN

Apabila anda ingin membuat toko online yang sederhana, anda bisa memulainya dari blog anda. Tampilkan list produk-produk anda di blog anda beserta harga dan biaya kirimnya. Kemudian tampilkan juga cara pembayarannya, bisa melalui bank transfer atau PayPal. Anda juga bisa menjual produk-produk anda melalui eBay atau Amazon. Tetapi apabila anda memiliki jumlah produk yang banyak cara seperti ini akan merepotkan anda dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Solusi yang paling efektif dan murah adalah dengan memiliki toko online profesional. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat toko online.

1. Putuskan Apa Yang Ingin Anda Jual

  • Apakah berupa barang yang memerlukan pengiriman atau berupa produk digital yang bisa diunduh melalui internet?
  • Apakah anda ingin menjual berbagai macam produk atau hanya beberapa jenis saja (misalnya, hanya menjual buku atau pakaian saja)?
  • Apakah anda menyukai produk yang anda jual? Dengan memiliki kesukaan atau antusiasme terhadap produk yang anda jual akan menjadi keuntungan anda dalam bersaing dengan toko online yang lebih besar dan sudah lebih dulu ada. Menjalankan toko online butuh kesabaran dan kemampuan tinggi untuk mempromosikannya. Menjual produk yang menjadi hobi atau kesukaan anda akan meningkatkan produktifitas dan kenyamanan anda dalam berbisnis.

2. Test Potensi Pasar Anda dengan Menjual Produk Berskala Kecil (Test The Water)

Di dalam dunia nyata, menjual produk anda melalui pihak ketiga sangat penting (misalnya, titip di warung, kantin, atau toko). Ini untuk mengetahui bagaimana tingkat kesukaan konsumen terhadap produk anda. Prinsip ini berlaku juga di dunia maya. Coba jual beberapa produk anda melalui blog anda. Promosikan kepada teman-teman anda terlebih dahulu. Lalu tanyakan pendapat mereka tentang produk anda.

Informasi yang ingin anda cari adalah sebagai berikut:

  • Siapa yang membeli produk anda? Anda juga bisa memberikan diskon untuk beberapa produk anda. Cari tahu juga dimana mereka sering berbelanja online.
  • Berapa harga yang pantas untuk produk anda? Jangan takut untuk bereksperimen dengan harga yang berbeda-beda.
  • Bagaimana tingkat kepuasan konsumen? Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui tingkat kemampuan anda dalam melayani konsumen. Apakah anda membungkus produk anda dengan baik? Apakah cara pengiriman (kurir) yang anda pakai bisa diandalkan? Apakah mereka suka dengan produk anda? Apakah anda menjelaskan produk anda dengan jujur kepada konsumen?

3. Ketahui Kemampuan Finansial Anda

Apabila anda memiliki budget yang besar untuk memulai bisnis online, anda bisa menyewa sesorang untuk membuatkan toko online untuk anda. Tetapi anda juga bisa menggunakan layanan pembuatan toko online murah untuk bisnis online anda. Salah satunya adalahMissJinjing.com yang menawarkan layanan toko online murah dan berkualitas.

4. Promosikan Toko Online Anda

Tidak peduli seberapa bagus toko online anda, tidak akan berhasil apabila tidak ada yang tahu. Bisnis ini bukan bisnis semacam “buat toko online lalu konsumen akan datang dengan sendirinya”. Membuat toko online yang mudah digunakan oleh konsumen adalah sangat penting. Tetapi yang lebih penting dari itu adalah marketing, menjual produk berkualitas, dan memberikan layanan yang bagus ke konsumen.

5. Membangun Tim
Ingin seberapa besarkah toko online Anda, bangunlah tim yang sesuai. Jika bermodal kuat, rekrutlah orang-orang yang berkompeten. Jika sudah beristri, Anda bisa menjadikan istri sebagai tim Anda. Orang-orang dekat Anda (saudara) juga bisa menjadi tim Anda. Memberikan pekerjaan kepada orang dekat bisa menjadi kekuatan spiritual yang membuat Anda sukses. Jika tidak memungkinkan membangun tim, mulailah seorang diri. Anda bisa merangkak dari bawah hingga Anda mampu dan siap merekrut tim yang tangguh. Tanpa tim, usaha kita tidak akan berkembang dan bertahan lama.

6.  Membuat Website yang Menjual
Website adalah pilar utama promosi Toko Online. Anda harus punya website sendiri. Bukan web gratisan. Sebaiknya berakhiran .com atau .net, karena ini yang sudah populer di masyarakat. Toh, biaya tahunan domain hosting mulai Rp 200.000,-

Website Anda harus bisa ‘menjual’. Artinya website Anda tersebut harus bisa mewakili Anda untuk menjadi sales yang memikat bagi pembeli. Website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa Anda layak diajak bertransaksi. Cantumkan alamat jelas dan no telp yang mudah dihubungi. Cantumkan foto-foto produk dan foto-foto lain yang membuat pengunjung semakin percaya dengan Anda.

Website Anda harus terindek di search engine, dan mudah ditemukan untuk keyword yang berhubungan dengan produk Anda. Gunakan script toko online yang search engine friendly.Tidak semua script toko online ramah dengan search engine. Karena itu, saya lebih suka menggunakan blog untuk jualan online daripada script yang tidak ramah dengan mesin pencari. Dan saya rasa blog cocok bagi pemula. Apalagi untuk produk-produk yang harganya mahal dan tidak bisa order online secara langsung. Bisa juga blog menjadi web pendukung bagi toko online Anda.

7. Promosi Tepat
Siapa calon konsumen Anda ? Dimanakah Anda akan menemukan mereka ? Cara cepat dan tepat menemukan konsumen adalah dari search engine (google, yahoo, dll). Disinilah pentingnya SEO (search engine optimization).

Promosi yang lain adalah di iklan baris, iklan di web yang banyak pengunjungnya, PPC ataupun komunitas online. Tentu saja harus kembali lagi “Siapa Calon Konsumen Anda”.

8. Pelayanan
Lakukan pelayanan yang baik. Kecepatan pelayanan salah satu kunci utama. Bermitralah dengan jasa pengiriman barang terpercaya. Garansi produk juga penting. Jika usaha Anda bertambah besar, bentuklah tim yang tangguh.

9. Mental Wirausahawan Sukses
Usaha toko online adalah sama dengan usaha lainnya. Miliki mental wirausahaan yang sukses, antara lain :

  • Pantang menyerah. Di bisnis apapun, kendala pasti ada.
  • Sabar. Produk Anda mungkin laku di hari pertama, mungkin juga di tahun pertama.
  • Berani menghadapi resiko. Resiko pasti ada. Tinggal bagaimana kita menghadapinya.
  • Selalu mencari peluang. Boleh jadi bisnis pertama Anda gagal. Tapi itu bukan akhir segalanya, kan ? Peluang usaha toko online masih banyak. Silahkan cari peluang yang sesuai dengan Anda.

10. Belajar Seperlunya.
Peran seperti apa yang Anda inginkan di toko online Anda ? Itulah yang harus Anda pelajari. Anda tidak harus mempelajari semuanya.

Misalnya, Anda ingin memasarkan produk. Yang perlu Anda pelajari internet marketing dan dasar-dasar membuat web/blog (tidak harus ahli html). Bidang-bidang lain, bisa Anda serahkan ke tim Anda (produksi barang, pengiriman, promosi offline, dll).

11. Berbuat Baik dan Beramal
Perbuatan baik dan infaq-shodaqoh-zakat berbanding lurus dengan profit usaha Anda. Hal ini telah ditegaskan di Kitab Suci. Uang yang kita ‘keluarkan’ akan dibalas puluhan, bahkan ratusan kali lipat. Bisa hari itu juga, tahun depan atau minimal di akhirat. Saya sendiri sudah membuktikan hal ini. Dan ini berlaku untuk semua bisnis.

Lalu, sebenarnya berapa sih potensi penghasilan peluang usaha toko online ini ? Wah, kalau yang ini tergantung produk, penjualan dan bagaimana Anda mengembangkan bisnis tersebut. Bagi Anda yang sudah berbisnis online, pasti sudah bisa memperkirakan. Bagi Anda yang belum bisnis online, percaya saja bahwa potensinya di luar perkiraan Anda saat ini.

This entry was published on December 21, 2011 at 3:10 pm and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: