TUGAS – Rangkuman Kasus Data

  1.  Rangkuman Kasus Data

Data jumlah pengunjung suatu tempat umum sangat penting. Data jumlah pengunjung biasanya  didapat secara manual. Begitu pula data jumlah orang yang masih ada di dalam tempat tersebut. Ketika  ingin menutup tempat umum tersebut perlu diketahui terlebih dahulu apakah di dalam ruangan masih ada  orang atau tidak. Saat ini kamera video telah diterapkan untuk kepentingan keamanan. Karena itu  dibuatlah sistem penghitung jumlah orang lewat baik masuk maupun keluar pada suatu tempat umum  sehingga dapat diketahui jumlah orang yang masih ada di dalam ruangan.

Penghitungan jumlah orang ini  menggunakan metode  Normalized Sum-Squared Differences (NSSD) dengan data video yang diambil  melalui kamera webcam. Dari data video tersebut kemudian deambil selisih intensitas pixel frame dan  background lalu dikuadratkan, dan dinormalisasi dengan luasan detection window. Nilai NSSD yang  didapat diseleksi dengan proses thresholding untuk mendeteksi keberadaan orang pada detection window.  Sistem ini secara keseluruhan menunjukkan keberhasilan lebih dari 95%.

Kamera merupakan salah satu komponen yang penting dalam dunia multimedia. Kamera  digunakan untuk mendapatkan data multimedia,  khususnya dalam bentuk gambar atau video. Saat ini, pemanfaatan sensor kamera pada instrumentasi telah cukup meluas, mulai dari penghitungan obyek mikroskopis, pengukuran kecepatan obyek bergerak, dan lain sebagainya. Selain itu kamera video juga telah diterapkan untuk kepentingan keamanan. Misalnya seperti di mall, perkantoran, pertokoan, perpustakaan dan lain sebagainya, menggunakan wabcam untuk mengamati keluar masuknya pengunjung di tempat tersebut.

Data jumlah pengunjung suatu tempat umum sangat penting. Data tersebut biasanya  digunakan untuk laporan perkembangan minat masyarakat terhadap tempat tersebut. Data jumlah  pengunjung biasanya didapat secara manual. Namun faktor manusia yang memiliki penglihatan yang kurang awas bisa menimbulkan kesalahan dalam penghitungan jumlah pengunjung.

Untuk memudahkan perhitungan jumlah pengunjung disuatu tampat umum dapat  menggunakan teknologi multimedia. Teknologi multimedia merupakan perpaduan dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaksi yang inovatif antara komputer dengan manusia. Contohnya perhitungan jumlah orang lewat disuatu tempat dapat diketahui dari adanya  perubahan jumlah piksel gambar video yang direkam dengan kamera digital (webcam) ditempat tersebut. Penalitian sejenis telah banyak diteliti orang dengan berbagai algoritma

Dalam upaya mendapatkan suatu hasil yang  efektif, batasan permasalahan diberikan sebagai  berikut:

1. Penghitungan yang dilakukan yaitu jumlah orang yang lewat pada pintu masuk dan pintu keluar, menuju dan dari koleksi.

2. Pintu masuk dan pintu keluar merupakan jalur satu arah yang khusus bagi para pengunjung.

3. Pengunjung melewati pintu yang di desain hanya bisa dilewati satu per satu  dan antar pengunjung terdapat sela atau  jedah waktu tertentu.

4. Perekaman video dilakukan dengan menggunakan kamera digital (webcam).

5. Ukuran frame data video digital yang akan diolah adalah sebesar 320 x 240.

6. Intensitas cahaya di dalam ruangan cenderung konstan dan terang.

This entry was published on June 6, 2011 at 4:28 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: