BAB 1 IMK KALKULATOR PROJECT

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Di masa globalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali perkembangan yang terjadi pada teknologi yang dapat mempermudah kegiatan manusia dalam segala hal. Salah satunya adalah pada bidang teknologi komunikasi yang dinilai paling cepat perkembangannya. Para perusahaan penyedia layanan komunikasi, menyediakan banyak teknologi guna mendukung hubungan komunikasi seperti telepon genggam berbasisi andoid (yang biasa disebut handphone android). Di dalam teknologi tersebut juga terdapat beberapa layanan tambahan. Selain berguna untuk alat komunikasi, teknologi tersebut juga menyediakan layanan untuk hiburan terutama pada teknologi telepon genggam andorid (handphone android). handphone berbasis android memiliki layanan yang dapat dibilang lengkap oleh para penggunanya. Selain untuk komunikasi, handphone berbasis android juga memiliki layanan hiburan seperti pemutar musik, layanan kamera, dan beberapa aplikasi tambahan (game dan aplikasi pendukung lainnya) layaknya telephone genggam terdahulu. Tetapi, handphone berbasis android memiliki visualisasi yenga lebih menarik ketimbanng dengan handphone biasa.

Masa sekarang tidak hanya orang kalangan atas yang memiliki telepon handphone berbasis android, tapi kalangan menengah kebawah pun juga memiliki handphone berbasis android. Salah satu golongannya adalah para pelajar. Setelah mengetahui fungsi handphone berbasis android di kalangan pelajar, mereka mengaku fungsi dari handphone berbasis android adalah sebagai alat komunikasi dan sarana hiburan. Hal tersebut dikarenakan adanya layanan hiburan seperti game dan media player (pemutar musik dan lain-lain). Selain itu, tidak hanya layanan hiburan yang terdapat di dalam telepon genggam berbasis android tetapi juga layanan yang berbau pendidikan. Hal tersebut juga membantu para pelajar, mendapatkan sarana pendidikan disamping mendapatkan sarana hiburan juga, seperti aplikasi perhitungan yang terdapat pada handhpone berbasis android (aplikasi kalkulator).

Masalah penghitungan selalu ada dalam kehidupan manusia, sehingga manusia terus mengembangkan berbagai alat untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah perhitungan tersebut, mulai dari alat bantu hitung primitif Abacus hingga sebuah kalkulator modern yang ada saat ini. Alat-alat bantu tersebut dibuat dan diciptakan untuk membantu dan menutupi keterbatasan manusia, terutama dalam masalah ketelitian, kecepatan, konsistensi dan keterbatasan daya ingat.

Dengan sebuah alat bantu seperti Kalkulator penyelesaian masalah-masalah penghitungan akan dapat dilakukan dengan cepat, teliti juga akurat. Dan dengan menggunakan kalkulator penghitungan aritmatika standart dalam menyelesaikan sebuah permasalahan matematika yang sering dijumpai.

1.2  Batasan Masalah.

Pada penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah mengenai pembuatan aplikasi kalkulator untuk perhitungan sederhana dari inputan angka yang diinput oleh pengguna kalkulator.

1.2 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dalam penulisan ini untuk membuat aplikasi kalkulator untuk perhitungan guna membantu para pelajar agar dapat lebih cepat dalam hal perhitungan. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat memanfaatkan perhitungan dengan menggunakan kalkulator dengan cara yang mudah, sehingga dapat mengerti dengan cepat

1.4  Metode Penulisan

Metode penulisan yang digunakan dalam memperoleh data untuk dijadikan sebagai bahan acuan analisa dalam penulisan ilmiah ini adalah metode penulisan dengan Studi pustaka (library research), yaitu metode penulisan dengan mencari bahan-bahan dasar sebagai acuan teori dari berbagai buku dan tulisan lain yang berhubungan dengan masalah yang dibahas, bahan-bahan tersebut berupa landasan teori yang digunakan dalam menganalisa permasalahan dan juga bahan untuk penyusunan program. Tetapi sebelumnya, Untuk melengkapi penulisan ini, penulis melakukan penelitian studi pustaka melalui internet guna mencari materi – materi yang dibutuhkan.

1.5  Sistematika Penulisan

Penulisan ilmiah ini dibuat dalam 4 (Empat) bab, dan setiap bab terdiri dari sub-sub bab beserta penjelasannya, yaitu sebagai berikut :

BAB I             PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, serta metode penulisan dan sistematika penulisan.

BAB II            LANDASAN TEORI

Berisi sekilas tentang pemrograman berbasis android mobile sebagai bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam penyusunan program, bidang kerja pada Android.xml, Android.Java, semua bidang pemrograman terdapat pada android menggunakan Eclipse Helios dengan pelengkap instalasi SDK dan JDK.

BAB III          ANALISIS DAN PEMBAHASAN MASALAH

Berisi tahap perancangan program, pengkodean, uji coba dan analisa.

BAB IV          PENUTUP

Berisi Ringkasan dari  penelitian yang telah dibuat.

This entry was published on March 16, 2011 at 8:43 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: