Penjelasan Inkscape open source

Pada pembahasan kali ini saya memabahas tentang software pembuatan animasi atau gambar 2D dan 3D yang open source. Apa yang dimaksud dengan open source? Baiklah pertama saya bahas tentang open software open source.

Open Source Software Dan Free Software

Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux.

Keberadaan open source software ini sangat ditunjang oleh internet. Mula-mula Open source software diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet yang memungkinkan orang lain menggunakan dan memperbaikinya. Dan begitulah seterusnya. Saat ini sangat mudah mendapatkan open source software di internet.

Pengembangan open source software melibatkan banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang berinteraksi melalui internet. Maka bermunculanlah berbagai macam software yang dibuat berbasis open source ini yang dipublikasikan melalui internet. Pola open source ini telah melahirkan developer-developer handal dari berbagai penjuru dunia.

Dengan pola open source orang dapat membuat dan mengembangkan apa yang disebut dengan free software. Software ini dapat digunakan tanpa perlu membayar lisensi atau hak cipta karena memang dikembangkan dengan pola open source. Jadi, dengan pola open source orang dapat mengembangkan software dan mempublikasikannya dengan bebas melalui internet.

Tidak heran apabila kita akan banyak menemukan free software ini di internet dan bisa secara bebas mendownloadnya tanpa perlu membayar uang sepeser pun kepada pengembang software tersebut.

Free software disini juga bukan program kacangan. Anggapan bahwa barang yang gratis jelek kualitasnya tidak berlaku buat free software. Karena sudah terbukti kehandalannya. Dan karena free software berbasis open source maka software tersebut sudah melalui proses perbaikan yang terus menerus. Jadi tidak ada alasan tidak mau menggunakan free software ini dengan alasan kualitasnya yang tidak baik.

Dengan karakteristik yang telah disebutkan di atas maka tidak salah apabila kita menaruh harapan pada open source ini sebagai platform alternatif yang bisa kita gunakan dalam komputer kita.

Penerapan pola open source di Indonesia juga dapat menghilangkan pemakaian software komersial secara ilegal dan memungkinkan bangsa Indonesia dikenal karya ciptanya dengan ikut mengembangkan open source software.

Tapi pembahasan di tulisan saya ini tidak membahas semua tentang program atau sofware open source melainkan hanya memabahas software open source untuk pembuatan animasi atau  gambar 2D dan 3D. Apa saja software open source yang digunakan untuk pembuatan animasi 2D dan 3D ?. Antara lain, Blender, Inkscape, flash, Anim8or dan masih banyak lainnya.

Software yang saya pakai untuk membuat gambar 3D yaitu Inkscape. Software seperti apa inkscape itu? Saya akan membahas mengenai inkscape lebih lanjut.

Inkscape adalah aplikasi editor grafis vektor. software ini didistribusikan dibawah lisensi perangkat lunak bebas, GNU GPL. kompatibel dengan XML, SVG, dan standar CSS.

Inkscape adalah cross-platform dan berjalan di Mac OS X (biasanya di bawah X11, walaupun GTK mendasarinya + toolkit dapat dikompilasi untuk berjalan secara native di bawah Kuarsa , sistem operasi mirip Unix, dan Microsoft Windows. Inkscape implementasi terhadap SVG dan standar CSS tidak lengkap. belum mendukung animasi, atau SVG font, meskipun dukungan dasar untuk penciptaan SVG font telah diimplementasikan pada versi 0,47. Inkscape memiliki dukungan multi-bahasa, terutama untuk menghindari penggunaan script yang rumit, sesuatu yang saat ini kurang di sebagian besar aplikasi vektor grafis komersial.

Pada 2010 update, Inkscape sedang dalam pembangunan aktif, dengan fitur-fitur baru yang ditambahkan secara berkala.

sejarah

Inkscape dimulai pada tahun 2003 sebagai sebuah garpu kode dari proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, didasarkan pada Raph Levien’s Gill (Gnome Ilustrasi Aplikasi).

garpu tersebut dipimpin oleh tim dari empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan terhadap kontribusi pihak ketiga, dan teknis ketidaksepakatan sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan fokus pada pelaksanaan pengembangan standar SVG lengkap, sedangkan pengembangan Sodipodi menekankan menciptakan sebuah editor vektor grafik untuk keperluan umum, mungkin dengan mengorbankan SVG.

Sejak garpu, Inkscape telah berubah dari menggunakan bahasa pemrograman C ke C + +; berubah ke GTK + toolkit C + bindings + (gtkmm); mendesain ulang antarmuka pengguna dan menambahkan beberapa fitur baru. Its implementasi dari standar SVG telah menunjukkan peningkatan bertahap, namun masih tidak lengkap.

Alih-alih pemerintahan top-down, pengembang berusaha untuk mendorong budaya egaliter di mana otoritas berasal dari kemampuan pengembang individu dan keterlibatan aktif dalam proyek ini. Akibatnya, proyek ini memberikan penekanan khusus pada memberikan akses penuh ke repositori source kodenya untuk semua pengembang aktif, dan partisipasi dalam komunitas open source yang lebih besar (seringkali dalam bentuk inisiatif antar-proyek seperti Proyek Membuat, Gratis Grafis Rapat dan proyek spin-off seperti Open Clip Art Library).

Sementara pendiri proyek masih kurang terwakili dalam proses pengambilan keputusan, banyak pendatang baru juga datang untuk memainkan peran penting. Di antara mereka adalah “byak bulia”, arsitek perubahan radikal antarmuka pengguna yang telah memberikan penampilan yang sekarang Inkscape. Antarmuka baru model setelah antarmuka pengguna grafis Xara Xtreme’s.

Setelah Xara mengumumkan rencana untuk merilis gambar aplikasi mereka Xara Xtreme ke open source, mereka menyatakan minatnya untuk bekerja dengan Inkscape untuk menemukan cara-cara dua proyek dapat berbagi kode, mengkoordinasikan upaya-upaya, dan membuat open source grafis lebih unggul daripada apa yang tersedia di dunia berpemilik.

Sejak tahun 2005, Inkscape telah berpartisipasi dalam Google Summer of Code program.

Sampai akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape adalah host di Sourceforge, namun diumumkan pada tanggal 21 November 2007, bahwa mereka akan pindah ke Launchpad.

Obyek penciptaan

Jenis objek dasar dalam Inkscape adalah:

* dibuat dengan pens tool, yang memungkinkan gambar tangan ; Pena tool, yang memungkinkan pengguna untuk membuat spline Bezier node-by-node; alat Kaligrafi, yang dapat digunakan untuk menggambar freehand kaligrafi atau sikat- seperti stroke, atau Paint Bucket tool, yang mengisi bidang gambar . Alat Kaligrafi opsional dapat menggunakan tekanan dan kemiringan pembacaan dari tablet grafis. Alat Paint Bucket bekerja daripada optikal geometris dan dapat membantu melacak gambar.

* Rectangles-dibuat dengan menggunakan tool Rectangle. Sudut-sudut persegi panjang dapat dibulatkan.

* Elips-yang dibuat dengan menggunakan alat Ellipse. Elips bisa diubah menjadi busur dan segmen lingkaran.

* Bintang / poligon-dibuat menggunakan alat Polygon. Multi-menunjuk bintang dapat digunakan untuk meniru spirographs.

* Teks-dibuat dengan alat Teks. Teks dapat menggunakan font yang sistem, dan dapat dengan mudah dikonversi ke path. Kedua teks biasa dan mengalir didukung. Semua objek teks dapat sewenang-wenang berubah. Teks dapat secara manual kerned dan mengalir sepanjang jalan.

* Raster / bitmap gambar-Inkscape mendukung ekspor gambar bitmap (PNG, JPEG, BMP) dari seluruh dokumen atau pilihan saat ini, serta impor gambar bitmap (dengan File> Impor atau paste). Gambar dihubungkan secara default, tetapi mereka dapat dimasukkan ke dalam dokumen SVG menggunakan efek. Gambar juga dapat ditelusuri (bitmap ke vektor) menggunakan backend Potrace tertanam. Inkscape mendukung PNG, JPEG dan BMP. (Lihat com: Cat: SVG / raster untuk contoh gambar tertanam di Wikimedia Commons).

* Clone-buat dengan menggunakan Clone operasi pada obyek yang sudah ada. Clone merupakan salinan persis dari benda lain yang dapat memiliki transformasi yang berbeda yang diterapkan dari objek yang asli, dan hidup diperbarui setiap kali perubahan objek asli. Menghapus objek asli menyebabkan clone menjadi “unlinked” – itu menjadi objek terpisah. Hal ini juga memungkinkan untuk membuat klon dirantai, klon yaitu klon, untuk kedalaman sewenang-wenang.

Selain itu, ada objek yang lebih khusus:

* Spiral-dibuat menggunakan alat Spiral, mereka memiliki sejumlah dikonfigurasi dari berbalik dan konvergensi.

* Box-3D yang dibuat dengan menggunakan alat Box 3D. Kotak memiliki perspektif diatur dan sejumlah dikonfigurasi menghilang poin. Mereka dapat digunakan untuk membantu gambar perspektif. 3D kotak dalam kelompok-kelompok fakta jalan dan setelah ungrouping dapat dimodifikasi lebih lanjut.

Obyek manipulasi

Setiap objek dalam gambar dapat mengalami transformasi affine – bergerak, berputar, scaling dan skewing. Transformasi parameter bisa juga ditetapkan secara numerik melalui dialog Transform. Transformasi dapat snap ke sudut, grid, pedoman dan node dari objek lain. panduan Grids, dan sifat gertakan didefinisikan secara per-dokumen. Sebagai alternatif untuk memotret, sebuah Rata dan dialog disediakan, yang dapat melakukan tugas penyelarasan umum pada objek yang dipilih – misalnya line mereka ke arah tertentu, mereka menyebar secara acak dan menghilangkan tumpang tindih antara obyek.

Objek yang membentuk kelompok dapat diedit tanpa harus Ungroup dulu, melalui perintah Masukkan Group – kelompok kemudian dapat diedit seperti lapisan sementara. Z-urutan objek dapat dikelola baik dengan menggunakan lapisan, atau secara manual objek bergerak ke atas dan ke bawah dalam tumpukan Z. Lapisan dapat dikunci atau disembunyikan, mencegah pemilihan memodifikasi dan disengaja.

Sebuah alat khusus, Buat keramik Clone, disediakan untuk membuat gambar simetris atau grid simetri seperti menggunakan berbagai pesawat.

Objek dapat disalin dan disisipkan menggunakan clipboard. Namun, pada versi 0,46, Inkscape menggunakan variabel internal daripada sistem clipboard, yang membatasi operasi copy dan paste untuk satu contoh aplikasi. Objek dapat disalin antara dokumen dengan membuka dari menu File di jendela , bukan dengan membuka file kedua dari shell sistem operasi.

Styling objek

Masing-masing bentuk di inkscape memiliki beberapa properti yang menentukan gaya. Semua properti-properti pada umumnya dapat diset untuk objek apapun:

* Isi-bisa menjadi warna solid, gradien linier, gradien radial, pola, atau diturunkan dari objek induk. Pemilih warna memiliki ruang tersedia beberapa warna, tapi semua warna yang dipilih saat ini dikonversi menjadi RGBA. Semua warna dapat memiliki nilai alpha ditentukan. Pola dapat dibangun dari koleksi benda-benda, atau salah satu pola beberapa saham yang diberikan dapat digunakan.

* Stroke mengisi dapat memiliki nilai sama dengan mengisi, tetapi bekerja pada stroke benda.

* Stroke gaya-bisa bervariasi lebar, bergabung gaya, gaya topi, mulai dan akhir spidol (dapat digunakan untuk membuat kepala panah) dan gagah. Selain itu, berbagai marker dapat ditambahkan pada node di tengah stroke .

* Opacity-menentukan nilai alpha untuk semua warna mengisi. Setiap objek memiliki nilai opacity yang berbeda, yang misalnya dapat digunakan untuk membuat kelompok transparan.

* Filter-ada slider mudah digunakan untuk Gaussian blur untuk setiap objek. tumpukan filter Sewenang-wenang menggunakan filter SVG dapat dibangun menggunakan dialog Filter.

Tampilan lebih lanjut objek dapat diubah dengan menggunakan masker dan jalan kliping, yang dapat diciptakan termasuk kelompok/group.

Gaya terpisah dari bentuk objek ‘, dan setelah menyalin objek ke clipboard, hanya gaya dapat disisipkan untuk diterapkan ke obyek lain.

Operasi

Inkscape memiliki alat yang komprehensif , karena mereka adalah konstituen yang paling umum dari sebuah gambar vektor. Alat Node memungkinkan untuk mengedit jalur pada tingkat node tunggal oleh tweaker posisi simpul dan titik kontrol jalur Bezier. Jalur segmen dapat disesuaikan dengan menyeret mereka. Ketika beberapa node dipilih, mereka dapat dipindahkan menggunakan mouse, atau skala dan diputar menggunakan cara pintas keyboard. node tambahan dapat dimasukkan ke dalam alur, dan berpengaruh dapat digunakan untuk menyisipkan node pada interval yang telah ditentukan. Ketika node dihapus, menangani pada sisa yang disesuaikan untuk melestarikan bentuk asli sedekat mungkin.

Tweak alat ini disediakan untuk operasi tingkat tinggi lebih lanjut tentang alur. Hal ini dapat mendorong, tumbuh, menyusut, menarik, menolak atau jalan kasar permukaannya. Node secara dinamis dibuat dan dihapus bila diperlukan ketika menggunakan alat ini, sehingga juga dapat digunakan pada jalur sederhana tanpa pra-pengolahan.

Inkscape mendukung pengeditan teks untuk teks multi-line reguler (elemen SVG) dan mengalir teks (unsur non-standar, sebelumnya diusulkan untuk SVG 1.2). Pada versi 0,47, teks tidak diberikan oleh aplikasi lain, karena kurangnya struktur sesuai paralel dalam dokumen SVG. The SVG Tiny 1,2 elemen tidak didukung. Seluruh teks langsung yang dapat diedit pada kanvas.

Rendering teks didasarkan pada perpustakaan Pango, yang memungkinkan Inkscape untuk mendukung beberapa skrip yang kompleks termasuk Ibrani, Arab, Thailand, Tibet, dll Kerning dan dapat disesuaikan pada basisdengan menggunakan cara pintas keyboard. Menempatkan teks pada jalan juga didukung, dan kedua teks dan jalur tetap dapat diedit.

Rendering

Tidak seperti banyak aplikasi lainnya GTK +, Inkscape menggunakan library penyaji sendiri untuk membuat grafik, libnr . libnr dapat membuat gambar sampai dengan 25.600% zoom dengan anti-aliasing, dan memperbarui grafis selama transformasi. Ada juga modus garis besar alternatif yang cukup dapat meningkatkan daya tanggap ketika bekerja dengan gambar yang kompleks. Inkscape telah menggunakan Kairo untuk membuat dalam mode garis sejak rilis 0,46.

Pada tahun 2005, Inkscape menambahkan Inkboard, sebuah papan tulis XMPP untuk memungkinkan beberapa pengguna Inkscape untuk berkolaborasi dalam XMPP / Jabber pesan instan / chat lingkungan.

Lain-lain

* editor XML, untuk manipulasi langsung struktur dokumen SVG.
* Alat Konektor, untuk membuat diagram dengan tata letak grafik terintegrasi dan algoritma routing.
* Mengedit metadata RDF.
* Command-line interface, sebagian besar paparan fungsi konversi format.
* Lebih dari bahasa antarmuka empatpuluh.
* Extensible untuk format file baru, efek dan fitur lainnya.
* Matematika diagram, dengan berbagai menggunakan LaTeX. [7]
* Eksperimental dukungan untuk scripting.

Antarmuka dan kegunaan

Salah satu prioritas dari proyek Inkscape adalah konsistensi antarmuka dan kegunaan. Ini mencakup upaya untuk mengikuti pedoman antarmuka GNOME Manusia, aksesibilitas keyboard universal, dan nyaman mengedit on-kanvas. Inkscape telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam kegunaan sejak proyek dimulai.

Jumlah mengambang kotak dialog telah berkurang, dengan fungsi mereka menggunakan cara pintas keyboard yang tersedia atau dalam toolbar berlabuh di jendela pengeditan. Alat kontrol panel di bagian atas jendela selalu menampilkan kontrol yang relevan dengan alat saat ini.

Semua transformasi (tidak hanya bergerak tapi juga skala dan berputar) memiliki cara pintas keyboard dengan pengubah konsisten (misalnya Alt transformasi oleh 1 pixel layar pada saat zoom, Shift mengalikan transformasi dengan 10, dll); tombol ini bekerja pada node dalam Node alat serta pada objek di Selector. Operasi yang paling umum (seperti transformasi, zoom, z-order) memiliki satu tombol pintas yang nyaman.

Inkscape memberikan tooltips mengambang dan petunjuk status bar untuk semua tombol, kontrol, perintah, tombol, dan on-kanvas menangani. Muncul dengan keyboard lengkap dan referensi mouse (dalam HTML dan SVG) dan beberapa tutorial interaktif SVG.

Antarmuka Sodipodi (pendahulu Inkscape’s) didasarkan pada orang-orang CorelDRAW dan GIMP. Antarmuka Inkscape telah dipengaruhi oleh Xara Xtreme yang dari.

versi

* Versi 0,48 (diantisipasi Mei 2010)

* Versi 0,47 (24 November 2009) menambahkan alat penghapus (bisa jalan slice), diatur autosave, antarmuka pilin splines untuk path, node auto-halus untuk jalan, alat pemeriksa ejaan untuk teks, efek jalan baru seperti “sketsa” dan ” menetas “, baru Python ekstensi seperti” sup alfabet “dan” dikonversi ke Braille “, beberapa dukungan dasar untuk font SVG, meningkatkan PostScript dukungan, dan modifikasi kecil lainnya.

* Versi 0,46 (24 Maret 2008) ditambah dermaga baru antarmuka pengguna berbasis, Paint Bucket, Tweak dan alat Box 3D, Path Live Efek, dukungan untuk filter yang paling SVG, kemampuan untuk membuka file PDF, dan OpenType / PostScript dan dukungan Type1 font tetap.

* Versi 0.45.1 (23 Maret 2007) adalah seorang rilis bugfix.

* Versi 0,45 (5 Februari 2007) memiliki dukungan untuk blur Gaussian, pola di sepanjang jalan, baru Undo Sejarah dialog, bitmap tracing ditingkatkan menggunakan Wikipedia Interaktif Obyek Ekstraksi, satu set efek warna, dan banyak modifikasi kecil lainnya untuk fitur yang ada.

* Versi 0.44.1 adalah rilis bugfix.

* Versi 0,44 (24 Juni 2006) menambahkan dialog Layers, dukungan untuk kliping dan masking, ekspor PDF ditingkatkan dengan transparansi, dan perbaikan kinerja.

* Versi 0,43 (November 19, 2005) menambahkan alat Konektor, mengedit kolaboratif, tekanan tablet / sensitivitas sudut, dan perangkat tambahan alat Node.

* Versi 0,42 (26 Juli 2005) menambahkan dukungan mengalir teks, styling mencakup teks, peningkatan dukungan efek, dan alat gradien baru.

* Versi 0,41 (10 Februari 2005) menambahkan tool tiler clone dan melacak warna, plus banyak perbaikan bug.

* Versi 0,40 menambahkan dukungan untuk lapisan, bitmap tracing, dan teks pada path.

* Versi 0,39 adalah rilis pertama untuk menggunakan perpustakaan Pango, membawa dukungan yang lebih baik untuk bahasa lebih, serta dukungan untuk penanda, klon, dan pola mengisi.

* Versi 0,38 adalah rilis perbaikan bug, tetapi juga menampilkan teks kerning dan letterspacing, gradients multistage, dan perangkat tambahan banyak kegunaan.

* Versi 0,37 melihat penambahan jalur operasi boolean dan inset path / awal.

* Versi 0,36 adalah rilis pertama dengan UI mereorganisasi menggunakan menu bar dan toolbar konteks-sensitif merapat di jendela dokumen.

* Versi 0,35 (November 2, 2003) adalah rilis pertama dari Inkscape, sangat mirip dengan versi Sodipodi 0,32.

References

1. ^ “FAQ – Inkscape Wiki”. Wiki.inkscape.org. http://wiki.inkscape.org/wiki/index.php/FAQ#What_platforms_does_Inkscape_run_on.3F. Retrieved 2009-10-22.
2. ^ “Open Source Macintosh Packages”. Flyn.org. 2006-12-29. http://www.flyn.org/apple/index.html. Retrieved 2009-10-22.
3. ^ “Initial announcement of Inkscape fork on sodipodi mailing list”. http://sourceforge.net/mailarchive/message.php?msg_id=Pine.LNX.4.33.0311052315010.15937-100000%40osdlab.pdx.osdl.net.
4. ^ “Google Summer of Code entry in the Inkscape developers’ wiki”. http://wiki.inkscape.org/wiki/index.php/Googles_Summer_Of_Code.
5. ^ “Inkscape moving to Launchpad”. http://news.launchpad.net/general/inkscape-moving-to-launchpad.
6. ^ “Release notes/0.46 – Inkscape Wiki”. Wiki.inkscape.org. http://wiki.inkscape.org/wiki/index.php/ReleaseNotes046#Speed_and_interactivity. Retrieved 2009-10-22.
7. ^ “Extension repository – Inkscape Wiki”. Wiki.inkscape.org. http://wiki.inkscape.org/wiki/index.php/ExtensionsRepository. Retrieved 2009-10-22.
8. ^ http://blog.worldlabel.com/2009/inkscape-0-47-totally-solid-with-lots-of-new-tools.html

This entry was published on December 15, 2010 at 7:08 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: