Membuat 3D Gambar Boneka Bola Lucu dengan INKSCAPE 0.48

jujur saya baru menggunakan Inkscape 0.48 pertama kali,, hmmm susah gampang tapi setelah tahu cara menggunakannya ternyata asik dan membuat saya penasaran tentang fitur- fitur yang ada pada inkscape 0.48.

setalah saya mempelajari tutorial tentang inkscape 0.48, saya  mulai megotak-otik inkscape dan mulai membuat 3D gambar menggunakan inkscape dan akhirnya jadi juga gambar 3D saya, lumayanlah untuk pemula yang menggunakan inscape..

hhmmmm..

ok langsung saja kita membahas tuturial step-step pembuatan boneka bola lucu denga inkscape 0.48

step 1. Buat dokumen baru di Inkscape 0.48 stable version dengan ukuran default.

step 2. Pada step ini terlebih dahulu membuat alas, pertama-tama, buat elips dengan ukuran kira kira, seperti pada screenshoot dibawah kemudian tekan (Shift + Ctrl + F) untuk menampilkan menu fill and stroke,  dan pada tab stroke pilih tanda silang X untuk menghilangkan stroke atau garis tepi.

kemudian isi objek elips tersebut dengan warna 50 % gray,caranya mudah tinggal klik aja pada color bar yang letaknya berada di toolbar bawah.
selanjutnya duplikat(ctrl + c) objek tersebut kemudian objek hasil duplikasi tadi kita isi dengan warna agak lebih muda yaitu dengan kadar intensitas warna 30 % gray. pada objek elips yang mempunyai intensitas warna gray 30%, kita buat gradasi warna agar seolah memiliki kesan pencahayaan, caranya adalah dengan seleksi pada objeknya kemudian tekan (Shift + Ctrl + F) untuk masuk pada fill and stroke properties, pilih fill dan arahkan kursor pada radial gradient dan atur intens warnanya seperti pada screenshoot dibawah

sebelum kita menyatukan objek elips gray 50 % dengan objek elips gradient   tadi terlebih dahulu buat lagi beberapa objek dengan bentuk yang sama dengan cara (ctrl + c) dari elips objek sebelumnya, kemudian kita isi dengan warna putih, dan hitam untuk objek yang satunya lagi, seperti pada screenshoot dibawah.

apabila sudah dibuat objek lingkaran diatas, yang lingkaran no.3 di copy lagi satu lagi untuk alas atau kaki bonekanya dan di filters – 3d marbel.. lingkaran no. 3 yang satu lagi difilters – non realistic 3D shader dan pilih – alumunium..

lingkaran n0.2 difilters – non realistic 3D shader dan pilih Chrome.. lingkaran n0.2 dan n0.3 digabungin jadi satu sehingga membentuk kepala yang berkualitas 3d…

linkaran hitam no.4 untuk d bawah kepala boneka, dan lingkaran no. 1 untuk efek bayangan biar terlihat 3D.

lingkaran-lingkaran tersebut di atur ukurannya dengan tools select and transform objeck, ukurannya sesuaikan dengan ukuran pada boneka. dan di tempel satu sama lain..

sehingga menjadi….

untuk penambahan mata dan mulut,, mata hanya dtambah lingkaran hitam biasa dan mulut hanya menabah garis lengkung..

tulissan created by kurniawan, dengan tools text pada inkscape, tools teks dengan simbol “A” pada inkscape..

This entry was published on December 15, 2010 at 8:08 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: