Bahasa Pemrograman WEB

Postingan web tentang web telah Mengulas sedikit tentang Pengertian WEB SITE. Untuk mudah dimengerti, apa sebenarnya web itu….

Pada tulisan postingan telah dijelaska juga bahasa pemrograman web html,, postingan kali ini membahas tentang bahasa pemrograman lain yang berhubunngan dengan pembuatan WEB..

LETS CHECK THIS OUT…

Tapi saya bahas sekilas tentang HTML kembali, secara ringkas Bahasa Pemrograman HTML HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

LETS CHECK THIS OUT tentang bahasa pemrograman web lainnya…

1. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

2. Bahasa Pemrograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.
ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

3. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

4. Bahasa Pemrograman WML

WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).
WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.
WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

5. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

6. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.
Syntax coldfusion berbasis html.

7. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.
Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

8. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.
Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.
Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

——–             —————-              ————-             —————              ——————–              ———

Woooowwwww…….   Ada satu lagi Satu lagi bahasa server side scripting yang terbilang baru yaitu Ruby.. okey lets star again bahasa web yang terbilang baru ini..

RUBY ON RAILS (ROR)

Satu lagi bahasa server side scripting yang terbilang baru yaitu Ruby. Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman web yang sekarang ini mulai banyak dikenal sebagai salah satu alternatif bahasa untuk pembangunan suatu web. Ruby diciptakan oleh Yukihiro “matz” Matsumoto. Ruby merupakan penggabungan dari bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada, dan Lisp.

Inti dari bahasa pemrograman Ruby yaitu semua objek. Setiap informasi dan kode dapat diberi property dan action. Dalam pemrograman berorientasi objek setiap pemanggilan property dan action dilakukan melalui metode. Ruby juga merupakan bahasa yang fleksibel dikarenakan kita dapat mengubah bagianbagian dari Rubysecara bebas sehingga programmer tidak merasa dibatasi. Bagian-bagian yang merupakan esensi dapat dihapus dan didefinisikan ulang. Sebagai contoh:

class Numeric
def kurang(x)
self.-(x)
end
end
y = 7.kurang 5
# y sekarang adalah 2

Dari contoh di atas diketahui bahwa operator dapat didefinisikan ulang. Dalam bahasa Ruby terdapat konsep-konsep pokok yang harus diperhatikan, yaitu:

Classes: representasi abstrak dari objek dunia nyata, termasuk karakteristik danfungsionalitas.

Attributes: variabel-variabel yang menggambarkan kualitas dari suatu class.

Methods: fungsionalitas yang disediakan oleh suatu class. Dapat juga dikatakan bahwa yaitu apa saja yang dapat dilakukan oleh suatu class.

Objects: sebutan lain untuk instance class. Misalnya yang menjadi objek dari class alat tulis yaitu pulpen, pensil, spidol.

Inheritance: secara harfiah berarti sesuatu yang diwariskan dari orang tua kepada anak. Tetapi dalam Ruby yang menggunakan pendekatan Object-Oriented yaitu suatu class dapat mewariskan methodsdan attributes kepada class lain.

Modules: koleksi dari kumpulan class dan methods.

Data Types: Ruby memiliki tiga jenis tipe data primitif, yaitu Number, Float, dan String.

Blocks dan Iterators: Ruby menyediakan unnamed blocks untuk mengelompokkan suatu kumpulan pernyataan bersama-sama. Sedangkan iterator merupakan teknik yang digunakan untuk melihat kumpulan pernyataan tersebut.

Exception Handling: kondisi error yang menginterupsi ekseskusi normal suatuprogram.Exception dapat terjadi oleh banyak sebab termasuk I/O errors dan dalam hal pembagian dengan nol.

Data Structures: struktur data yang biasa digunakan dalam Ruby yaitu Array dan Hashes. dokumen website

Ruby on Rails (RoR)

Ruby on Rails merupakan Ruby-based framework yang menggunakan pendekatan Model View Controller (MVC). Jika ingin membangun suatu website dengan menggunakan Ruby, maka dibutuhkan Rails. Rails merupakan salah satu framework Ruby yang paling populer sekarang ini.  Oleh karena itu dinamakan Ruby on Rails. Dilihat dari namanya sering ada salah pengertian bahwa bukan Ruby yang digunakan pada Rails tetapi Rails yang digunakan pada Ruby. Rails menggunakan Model View Controller (MVC) sebagai design pattern-nya.

Struktur penyusun MVC ada 3 jenis yang saling bekerja sama, yaitu:

Model: mewakili data yang diproses oleh suatu aplikasi. Menyediakan suatu link ke penyimpanan data.

View: representasi visual dari user interface atau bisa dibilang tampilan suatu aplikasi.

Controller: mewakili control flow logic. Keputusan mengenai view mana yang harus  dipanggil untuk menampilkan data tertentu, bagian mana dari model yang harus yang diupdate ditangani oleh controller. Berperan sebagai perantara dari aplikasi dan mengambil tiap request. Lalu memanggil model yang cocok untuk meng-update atau mengambil data. Setelah itu memilih view yang cocok untuk menampilkan data. Proses yang terjadi dalam suatu user request adalah sebagai berikut:

Client melalui browser mengirimkan suatu request untuk suatu halaman kepada controller yang berada di server.

Controller mengambil data yang diperlukan dari model dalam hal melakukan respond terhadap request.

Controller me-render halaman dan mengirimkannya kepada view.

View mengirim halaman kembali melalui browser agar dapat dilihat oleh client.

Ruby on Rails (RoR) mengimplementasikan MVC dengan menyediakan 3 komponen sebagai bagian dari framework, yaitu:

Active Record: merupakan ‘Model’ dalam RoR. Komponen Model menyimpan data dan menyediakan fungsionalitas untuk bekerja dengan data.

Action View: komponen View meliputi presentasi logik dari data yang ada pada komponen Model. Action View merupakan komponen View pada RoR. dokumen website

Action Controller: controller menyusun aliran logika. Dalam suatu aplikasi web, controller bertugas mengatur dan menyusun flow dari suatu logika aplikasi. Controller duduk sebagai batas dari suatu aplikasi dan menangkap semua request. Berdasarkan request, controller meng-update objek Model yang diinginkan dan memanggil View logic untuk menampilkan data yang telah terupdate. Dalam RoR, Action Controller menyediakan fungsionalitas-fungsionalitas dari controller.

Some article taken of ciebal site and wikepedia,, combine with searching site in google.
About ruby article taken of :  Ditulis oleh DEVIN MEIDYA FONDA dalam Skripsi berjudul ”Analisis Perbandingan Cross-Site Scripting Pada Framework PHP CodeIgniter dan Ruby on Rails Analysis Comparison of Cross-Site Scripting on PHP CodeIgniter and Ruby on Rails Frameworks”,  Institut Teknologi TELKOM.
This entry was published on March 23, 2010 at 11:11 am and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: