Tentang WEBSITE… check it out !!

mengulas sedikit tentang Pengertian WEB SITE. Untuk mudah dimengerti, apa sebenarnya web itu? ,

Seandainya di dunianya nyata terdapat buku yang didalamnya terdapat menu terdiri dari sub bab yang merupakan sub menu. sama halnya dengan Web yang berada di dunia maya tersebut,

web site dan buku berbeda secara substansial sebab keduanya hidup pada media yang berbeda. Buku cetak hidup dalam ruang 3 dimensi seperti layaknya kita sedangkan web site hanya hidup dalam komputer yang penyajiannya terbatas pada sebuah layar monitor.

sebuah web site ibarat halaman-halaman Kertas yang terjilid dalam sebuah binder. Halaman-halaman kertas itu bisa 1 halaman saja, puluhan halaman atau bahkan ribuan halaman. Halaman-halaman kertas itu dapat diatur agar silih berganti menjadi halaman pertama dalam binder kita. Agar proses ini berjalan dengan mudah, maka pada setiap halaman perkertas harus selalu tersaji petunjuk untuk menuju ke lembar kertas lainnya yang akan dijadikan sebagai halaman pertama(menu). Dengan mengikuti petunjuk itu maka kita akan berpindah halaman sesuai halaman yang dituju dalam petunjuk. Dalam web site, petunjuk itu bernama pautan dan untuk mengikutinya harus di- klik sehingga kita bisa berpindah ke halaman yang dikehendaki.

Web site hidup dalam sebuah habitat khusus yaitu jaringan buana (www, world wide web). Proses kerja www dapat dibagi menjadi tiga komponen:

Protocol : sebuah media yang dibakukan untuk dapat mengakses komputer dalam sebuah jaringan.Halaman yang dapat diakses ini merupakan halaman web site. Protocol baku untuk www adalah http (Hypertext Transfer Protocol).

Address : alamat yang merujuk suatu komputer dalam suatu jaringan. Alamat ini sebenarnya merupakan sebuah nomor yang dimiliki sebuah komputer yang disebut nomor IP. Sekarang nomor IP ini digantikan sebuah alamat URL (Uniform Resource Locator). Anda bisa mengkiaskan dengan nomor HP teman yang kemudian diganti dengan identitas namanya sehingga ketika terjadi panggilan maka yang tampak di layar di HP adalah namanya.

Path : bahasa scripting yang dapat menghasilkan halaman web site sehingga halaman tersebut dapat diakses oleh setiap komputer pengakses (client). Bahasa scripting ini bisa HTML, ASP, PHP dll.

Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk mempublikasikan informasi berupa teks, gambar dan program multimedia lainnya berupa animasi (gambar gerak, tulisan gerak), suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait antara satu page dengan page yang lain yang sering disebut sebagai hyperlink.Atau,

Terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada didalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

This entry was published on February 26, 2010 at 12:38 pm and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: