Tanggung jawab Sosial Perusahaan TOUR AND TRAVEL

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan“, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Untuk mendirikan travel agent, secara garis besar ada dua cara :

  1. Travel agent sebagai badan usaha sendiri
    Jenis ini khusus bagi Anda yang mempunyai modal besar, karena akan membutuhkan perijinan mulai badan usaha, BPW, ASITA, IATA. Selain modal besar, proses untuk pendiriannya juga akan memakan waktu yang panjang. Bagi Anda yang belum banyak berkecimpung didunia travel, disarankan untuk memilih cara kedua dibawah
  2. Travel agent berstatus Sub Agen dari agen travel yang lebih besar
    Modal yang dibutuhkan bisa sangat kecil, bahkan bisa ada yang dibawah satu juta. Prosesnya bisa sangat cepat, sekarang Anda bayar, besok Anda sudah bisa buka outletnya.

Jasa travel agent sangat luas, untuk awalnya, Anda harus menentukan fokusnya mau bergerak dibidang yang mana dulu, kemudian bisa dikembangkan sesuai arus pasar di lingkungan Anda.

Jenis-jenis bisnis didalam travel agen meliputi:

  • Haji
  • Umrah
  • Tour wisata domestik
  • Tour wisata mancanegara
  • Tiket pesawat domestik
  • Tiket pesawat internasional
  • Penukaran uang / Money changer
  • Voucher Hotel dan Reservasi Hotel

Kebutuhan kantor yang harus dimiliki minimal adalah

  • Ruang kantor atau ruko
  • Customer Support
  • Komputer
  • Mesin Fax dan Telepon
  • Printer
  • Koneksi Internet

Perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki beberapa peran penting untuk turut mensukseskan program Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Salah satu peran tersebut adalah dengan menjalankan program-program corporate social responsibility (CSR). Pelaksanaan program-program CSR tersebut juga akan mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan bisnisnya sehingga terwujud sebuah pembangunan berkelanjutan yang merupakan konsep inti dari CSR. Lebih lanjut, program-program CSR yang dijalankan juga akan menciptakan reputasi positif dan keunggulan kompetitif yang dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis.

Pelaksanaan program CSR, baik itu yang terkait dengan bisnis inti maupun tidak, merupakan wujud pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

Mengemban program Corporate social Responsibility (CSR) ini, melaksanakannya pada dua sisi, internal dan eksternal. Kami melihat ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepedulian pada kesejahteraan para karyawan, guna memastikan hubungan yang produktif dengan para pelanggan, stakeholders, melestarikan lingkungan yang baik, dan menjadi warga yang bermartabat di lingkungan masyarakat sekitar.

About these ads
This entry was published on October 16, 2011 at 12:59 pm and is filed under Uncategorized. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: